7 Fakta Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Arab

Baca tulisan ini, moga terpacu belajar Bahasa Arab. Berikut 7 fakta mengapa kita harus belajar bahasa Arab.Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan mengenai hukum pelajari bahasa Arab,

وأيضا فإن نفس اللغة العربية من الدين ، ومعرفتها فرض واجب، فإن فهم الكتاب والسنة فرض، ولا يفهم إلا بفهم اللغة العربية، وما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب.

“Dan perlu dimengerti jika bahasa Arab tersebut ialah sisi dari agama. Pelajarinya ialah fardhu harus. Sebab untuk pahami Al-Qur’an serta As-Sunnah itu harus. Pahaminya tidak dapat terkecuali dengan pahami bahasa Arab. Sedang kaedah mengatakan, ‘Sesuatu yang harus yang tidak dapat tercukupi terkecuali dengannya, karenanya dihukumi harus.’ Selanjutnya untuk pelajarinya barusan, ada yang hukumnya fardhu ‘ain serta ada yang hukumnya fardhu kifayah.” (Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527)

Ada banyak kisah yang dibawakan oleh Ibnu Taimiyah.

Diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Abi Syaibah, ‘Umar sempat menulis pada Abu Musa,

أما بعد: فتفقهوا في السنة ، وتفقهوا في العربية وأعربوا القرآن، فإنه عربي

“Dalamilah As-Sunnah serta dalamilah bahasa Arab, dan i’rablah Al-Qur’an. Ingat-ingatlah Al-Qur’an itu dalam bahasa Arab.”

‘Umar radhiyallahu ‘anhu sempat juga mengatakan,

تعلموا العربية فإنها من دينكم، وتعلموا الفرائض فإنها من دينكم

“Dalamilah bahasa Arab sebab dia sisi dari agama kalian. Dalamilah hukum waris, dia sisi dari agama kalian.”

Pelajari bahasa Arab -kata Ibnu Taimiyah- mempunyai tujuan supaya faqih dalam perkataan. Sedang menurut beliau, pelajari sunnah Nabi mempunyai tujuan agar faqih dalam amalan. Sedang dalam diin itu terbagi dalam perkataan serta amalan. Melihat ulasan Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527-528. Ada banyak fakta mengapa kita lebih bagus kuasai bahasa Arab? Kami singkatkan dari apakah yang kami ketahui dari pengucapan Ibnu Taimiyah rahimahullah: Bahasa arab ialah syiar Islam serta syiar umat Islam. Serta kita ketahui jika bahasa adalah sebagus-baiknya syiar. Beberapa fuqaha larang berdoa dalam shalat dan berdzikir dalam bahasa non-Arab. Melatih diri dalam bahasa Arab akan punya pengaruh sangat kuat pada langkah memikir (logika), akhlak, serta agama. Melatih diri dalam bahasa Arab akan membuat kita sama dengan teman dekat, serta tabi’in. Hingga kita dapat mengikuti langkah memikir, langkah berlagakma serta akhlak mulia mereka. Pelajari bahasa Arab ialah sisi dari agama. Untuk pahami Al-Qur’an serta As-Sunnah secara baik harus dengan pelajari bahasa Arab. Meskipun ada yang karakternya fardhu ‘ain serta fardhu kifayah. Belajar bahasa Arab akan membuat seorang makin baik (makin faqih) dalam perkataan. (Disarikan dari Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 519-528) Mudah-mudahan berguna.

Baca juga: Kelompok Amalan Gampang Membuat Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *