Kelompok Amalan Gampang Membuat Masjid

Pada amalan gampang untuk yang dilancarkan rejekinya oleh Allah merupakan membuat masjid, walaupun dia mempunyai partisipasi dalam sedikit harta saja.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membuat masjid lantaran Allah meski cuma selubang tempat burung bertelur atau mungkin lebih kecil, jadi Allah bangunkan untuknya (rumah) semacam itu juga di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir menjelaskan jika sanad hadits ini shahih).

Mafhash qathaah dalam hadits punya arti lubang yang difungsikan burung menyimpan telurnya serta menderum dalam tempat tesebut. Serta qathah merupakan semacam burung. Ibnu Hajar dalam Fath Al-Bari (1:545) menjelaskan, “Arti dari ‘siapa yang membuat masjid’ diperlukan isim nakirah yang memperlihatkan keumuman, maka tujuan hadits merupakan siapa yang membuat masjid besar ataupun kecil. Dalam sejarah Anas yang dikeluarkan oleh Tirmidzi yang memberi dukungan yang menjelaskan dengan masjid besar atau kecil.” Hadits mengenai keutamaan membuat masjid pula disebut dari hadits Utsman bin Affan. Di waktu Utsman adalah tahun 30 Hijriyah sampai khilafah beliau selesai lantaran terbunuhnya beliau, dibuatlah masjid Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Utsman sebut pada mereka yang membuat jadi bentuk penolakan jika mereka terlampau bermegah-megahan. Lalu Utsman membawakan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

“Siapa yang membuat masjid lantaran Allah, jadi Allah dapat membuat untuknya seumpama itu di surga.” (HR. Bukhari, no. 450 serta Muslim, no. 533).

Kata Imam Nawawi rahimahullah, tujuan dapat dibuat untuknya seumpama itu di surga ada dua ijtihad:

1- Allah dapat menghidupkan seumpama itu dengan bangunan yang dimaksud bait (rumah). Tapi karakternya dalam soal luasnya serta yang lain, pasti mempunyai keutamaan spesifik. Bangunan di surga pasti tak pernah disaksikan oleh mata, tidak sempat didengar oleh telinga, serta tidak sempat terbetik dalam hati dapat indahnya.

2- Keutamaan bangunan yang diraih di surga dibandingkan dengan rumah di surga yang lain merupakan seperti keutamaan masjid di Palembang dibandingkan dengan beberapa rumah di dunia. (Syarh Shahih Muslim, 5:14)

One Reply to “Kelompok Amalan Gampang Membuat Masjid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *