Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Obati Berbagai Macam Penyakit

Daun sirih merah ternyata memiliki berbagai khasiat kesehatan, terutama tanaman yang satu ini telah lama dikenal masyarakat Indonesia dalam pengobatan berbagai penyakit.

Daun sirih mengandung berbagai zat, seperti flavonoid, tanin, alkaloid, senyawa polifenolat dan minyak atsiri. Konten yang berperan aktif dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Obati Berbagai Macam Penyakit

Dikutip dari halaman alodokter.com dan hellosehat.com, Minggu, 29 Maret 2020, Tagar na Tagar merangkum beberapa khasiat daun sirih merah untuk kesehatan.

Baca Juga: Rahasia Sukses Budidaya Ketapang Kencana

1. Sebagai antiseptik

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui efek positif daun sirih merah sebagai antiseptik, terutama sebagai bahan pencuci tangan. Tanaman ini telah lama digunakan oleh masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetik, antikanker dan untuk menyembuhkan penyakit menular.

Menurut hasil penelitian, kualitas antiseptik cair daun sirih merah lebih unggul daripada sabun non-antiseptik dan antiseptik.

Namun, analisis lebih lanjut diperlukan, apakah bakteri yang tersisa bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak. Hasil penelitian ini juga membutuhkan dukungan untuk bukti ilmiah lainnya.

2. Antibakteri (bakteri tertentu)

Sejumlah penelitian mengatakan bahwa daun sirih merah memang telah terbukti lebih efektif sebagai antibakteri daripada hijau. Ini karena kandungan minyak atsiri yang bertindak sebagai antibakteri.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun sirih merah dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus yang resisten methicillin (MRSA).

3. Blok karies

Menurut penelitian, daun sirih merah dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan karies. Ini karena tanaman ini mengandung minyak esensial, alkanoid, flavonoid dan senyawa fenolik.

Semua bahan ini pada dasarnya aktif melawan bakteri mutan, sehingga hasilnya cukup memuaskan karena minyak atsiri sirih merah memiliki efek kuat dalam menghambat pertumbuhan bakteri mutan.

4. Turunkan kadar gula darah pada diabetisi tipe 2

Penelitian mengatakan minum air matang untuk daun sirih atau daun sirih kering dan kemudian digiling menjadi bubuk dapat membantu menurunkan gula darah pada seseorang yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh, menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin.

Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan pekerjaan obat resep lain.

Daun sirih hanya digunakan sebagai obat penyerta untuk membantu mengendalikan gejala seiring dengan perubahan pola makan dan olahraga yang rajin.

5. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Daun sirih bermanfaat untuk menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh.

Selain itu, tanaman ini juga dapat membantu mengurangi jumlah total lemak dalam darah.

Daun sirih merah dan hijau berfungsi untuk meningkatkan kolesterol baik dalam darah, yang menjaga kesehatan jantung.

Caranya, cobalah memasak 3-4 lembar daun sirih merah dan minum air rebusan dua kali sehari untuk membantu seseorang dengan tekanan darah tinggi.

6. Penangkal kanker

Daun sirih merah atau hijau dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker bagi penderita diabetes tipe 2.

Kandungan antioksidan eugenol dalam rebusan tanaman ini berperan aktif dalam mengatasi masalah kesehatan ini.

7. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Seseorang dengan luka bakar dan tekanan oksidatif yang cukup tinggi di tubuhnya dapat menghambat proses penyembuhan luka.

Daun sirih merah atau hijau dapat mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar karena memiliki kandungan antioksidan.

Tumbuhan ini merupakan antiseptik luar biasa yang, karena kandungan polifenolnya yang tinggi, juga dapat menawarkan perlindungan ganda terhadap infeksi kuman.

8. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih merah dan hijau dapat membantu meningkatkan produksi lendir, yang melindungi kesehatan saluran pencernaan.

Sehingga nantinya kerusakan pada dinding usus dan perut dapat dicegah yang bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>