Ragam Manfaat Pohon Sengon

Media sosial berada di tengah keributan tentang distribusi foto dan informasi bahwa penyebab gangguan transmisi 500 kV dari Ungaran-Pemalang berasal dari pohon Sengon. Transmisi dikatakan terjebak di cabang-cabang pohon.

Menjadi diketahui apakah pemilik pohon Sengon tidak dapat ditebang. Pohon lebar dikatakan mendorong konduktor untuk memicu ledakan.

Ragam Manfaat Pohon Sengon

Menanggapi hasil ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) menggunakan inspektur listrik untuk secara langsung memeriksa pohon Sengon, yang telah menyebabkan pemadaman di sebagian Jawa sejak Minggu (4/8).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam, Rida Mulyana, mengatakan tim inspeksi listrik turun untuk memeriksa pohon Sengon hari ini. Namun, dia tidak menjelaskan secara detail berapa banyak karyawan yang dipekerjakan.

“Saya mengirim inspektur listrik ke Ungaran (Jawa Tengah) hari ini,” katanya ketika dia bertemu di kantor Kementerian ESDM di Jakarta, Senin (5-8).

Kenali Pohon Sengon

Pohon dengan nama latin Albazia Falcataria kini menjadi perbincangan di antara masyarakat Indonesia. Siapa sangka kalau pohon Sengon adalah peluang bisnis yang bagus dan perawatannya mudah, itu akan menjadi hal yang menggiurkan bagi pedagang kayu.

Salah satu keunggulan Sengon adalah pertumbuhannya yang cepat dan penggunaannya yang sangat luas. Dari akar ke kuncup daun, penggunaannya tidak kecil seumur hidup. Kayunya bisa digunakan sebagai bahan baku bubur kertas, kayu lapis, papan serat dan lainnya.

Selanjutnya, berbagai manfaat pohon Sengon.

lembar

Daun sengon, seperti keluarga Mimosaceae, adalah makanan yang sangat baik dan mengandung banyak protein. Spesies hewan seperti sapi, kerbau dan kambing seperti daun sengon. Secara umum, pohon Sengon ditanam sebagai pohon pelindung, tanaman hias, reboisasi dan penghijauan.

akar

Sistem akar Sengon mengandung banyak simpul akar karena simbiosis dengan bakteri Rhizobium. Ini bermanfaat bagi akar dan lingkungan. Kehadiran umbi akar dapat mendukung porositas tanah dan pasokan nitrogen ke tanah. Dengan demikian pohon Sengon dapat membuat tanah di sekitarnya lebih subur. Selain itu, tanah ini dapat ditanami dengan tanaman untuk meningkatkan pendapatan mereka yang menanamnya. Sengon memiliki akar tunggang yang cukup kuat

menembus ke tanah. Akar rambut menyimpan zat nitrogen, yaitu tanah

di sekitar pohon Sengon menjadi subur.

bunga

Tanaman berbunga sengon dalam bentuk malai sekitar 0,5 hingga 1 cm, berwarna putih kekuningan dan sedikit tersusun

berbulu. Setiap kuncup bunga berbunga, terdiri dari bunga jantan dan betina. Bunga Sengon disebarkan melalui penyerbukan, yang didukung oleh angin atau serangga.

buah

Buah sengon berbentuk polong, pipih, tipis, tidak sekat dan panjangnya sekitar 6-12 cm. Setiap mangkuk buah mengandung 15-30 biji. Bentuk biji menyerupai tanda kecil, ketika mereka muda mereka berwarna hijau dan ketika mereka tua biji menjadi kuning menjadi hitam-cokelat, cukup keras dan berlilin.

Ketegangan Kayu Sengon

Bagian yang mendapat manfaat paling banyak dari pohon Sengon adalah kayu bulat. Dengan harga yang jauh lebih menguntungkan, maka kayu dari pohon Sengon untuk saat ini sedang banyak di cari,dan rata-rata digunakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan dalam bentuk papan dengan ukuran tertentu.

Serta dijadikan sebagai bahan baku untuk kotak, papan isolasi, pengecoran semen dalam konstruksi, industri korek api, pena, papan partikel dan bahan baku untuk industri pulp, kertas, dll .

Kayu dari pohon Sengon adalah kayu serba guna untuk konstruksi ringan, kerajinan tangan, kotak cerutu, veneer, kayu lapis, korek api, alat musik dan selulosa. Seprai untuk ayam dan pakan kambing. Di Ambon, kulit kayu digunakan untuk menyamak, kadang-kadang sebagai pengganti sabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *